/Sun Outage : Gangguan Siaran Premium dari Indovision, K-Vision, Nex Parabola & Transvision Nusantara HD, Yang Hilang Sebagian Channel Premiumnya

Sun Outage : Gangguan Siaran Premium dari Indovision, K-Vision, Nex Parabola & Transvision Nusantara HD, Yang Hilang Sebagian Channel Premiumnya

SEKEDAR INFO RINGAN

Tahukah Anda, setiap enam bulan terjadi gangguan pada beberapa siaran premium dari Indovision, K-Vision, Nex Parabola & Transvision Nusantara HD pada channel premiun seperti HBO Group, Nat Geo Group, Cinemax, dll. Gangguan yang tertulis adalah ‘sun outage’.

Mungkin ada yang merasa aneh, mengapa siaran2 tersebut sudah mengalami gangguan, sementara yang lain aman-aman saja? Padahal satelit Palapa D dan Telkom 4 sendiri baru akan mengalami Sun Outage pada siang nanti sekitar jam 11.30 WIB.

Salah satu alasannya adalah sedang terjadi ‘sun outage’ pada satelit asli tempat dimana HBO Asia tersebut aktif. Yang diketahui bahwa K-Vision (dan pay TV lain) merelay HBO dan Cinemax di satelit Telstar 18 Vantage (pada 138 BT). Letak satelitnya jauh di sebelah timur dari Palapa, Telkom & Measat.

Baca Juga  Asik!! Ini Stasiun TV Pemegang Hak Siar Formula E di Indonesia

Fenomena Sun Outage akan mengganggu satelit dari ujung timur, dan berakhir ke ujung barat, dengan lama gangguan rata-rata adalah sekitar 10-20 menit. Sehingga satelit Telstar 18 Vantage akan terkena fenomena tersebut terlebih dahulu, dan 2 jam kemudian sampai ke Palapa D disusul Telkom 4, kemudian Measat.

Sun Outage sendiri terjadi dua kali dalam setahun. Yaitu setiap bulan Maret dan September sewaktu matahari melintasi khatulistiwa dan tepat sejajar dengan satelit dan bumi.

TAGS: