/Tahukah Anda Beda LNB dan Feedhorn Pada Antena Parabola? Simak penjelasannya.

Tahukah Anda Beda LNB dan Feedhorn Pada Antena Parabola? Simak penjelasannya.


LNB Merupakan salah satu komponen aktif yang utama yang memakai saluran daya 18 V dengan konsumsi arus kurang lebih @200mA.

Dulu LNB ini bernama LNA ( Low Noise Amplifier) sekarang diganti menjadi LNB ( Low Noise blok) Down Converter : penguat desah rendah sekaligus converter untuk menurunkan frekuensi menjadi 950 MHz sampai dengan 1450 MHz (untuk C band biasa) dan 950 MHz sampai dengan 1750 MHz untuk C-Band extended. Kualitas dari LNB ini ditentukan dalam satuan derajat kelvin. Semakin rendah derajat kelvinya semakin baik. ukuran 40 derajat kelvin sudah sangat baik untuk menerima siaran dari satelit palapa. tetapi sekarang karena kemajuan teknologi maka LNB dengan 25 derajat kelvin sudah dapat ditemukan di market.

Berikut ini adalah jenis atau type nya :

  • LNBF ( low noise block feedhorn) dimana LNb dan feedhorn menyatu ( integrated0
  • Voltage Switch ( di lengkapi electrical switch.
  • Dual ; terdiri dari 2 unit.
Baca Juga  Harus Tahu! Ini Solusi Lupa Password Receiver K-Vision Bromo, Cartenz & GOL Garmedia (Gardiner Ottimo, Optus & LGSat)

Feedhorn

FeedHorn adalah bagian dari LNB (low Noise Block) yang berbentuk kecil yang digunakan untuk memancarkan gelombang radio antara pemancar dan penerima/reflector feedhorn juga dapat memilih automatic terhadap polarisasi dari satellite yang akan di terima, yaitu polarisasi vertikal dan horizontal.   

Polarisasi Horisontal dan vertikal

Bagian-bagian feedhorn yaitu penerima sinyal-sinyal yang dipantulkan oleh dish antenna / reflector yang telah difokuskan. Feedhorn Standard untuk sinyal satelite palapa bentuknya agak kecil, terdapat kawat mirip gantungan kecil yang di sebut Resonator, Feedhorn ini juga harus bersih dan bebas kerosi, karena akan berpengaruh terhadap mutu signal atau gambar yang diterima, penyambungan kabel coaxialnya juga harus bagus dengan menggunakan konektor yang standard compress, untuk waveguide dan scalar ring yang berfungsi untuk mengatur agar sesuai dengan F/D ratio (F= Feedhorn) (D= Diameter) ratio dari dish. 

Baca Juga  Simak! Ini Cara Mudah Memperbaiki Receiver Parabola Yang Rusak Alias Mati Total
Diagaram Feedhorn LNB Trouble spot