/Ini Penyebab dan Solusi Mengatasi Pesan E22 Smart Card Is Out of Date Pada Receiver Nex Parabola dan Matrix Garuda

Ini Penyebab dan Solusi Mengatasi Pesan E22 Smart Card Is Out of Date Pada Receiver Nex Parabola dan Matrix Garuda

Nex parabola adalah salah satu provider tv berlangganan di indonesia. Chanel premiumnya cukup bagus dan gambarnya jernih. Sebagian chanel premium nex parabola berbayar dan sebagian lagi FTV (tanpa berlangganan). Chanel ftv nya banyak dengan genre yang beragam.

Di beberapa pengguna receiver nex parabola, terkadang chanelnya muncul pesan E22: Smart card is out of date. Ini wajar karena nex parabola merupakan provider tv berlangganan yang dalam receivernya tertanam smaratcard id sebagai identitas receiver untuk memnedakan antara satu receiver dengan receiver lainnya.

Arti Pesan E22: Smart card is out of date

E22: Smart card is out of date adalah bahasa inggris yang kalau diterjemahkan berarti eror22: Kartu pintar kedaluwarsa. Namun sebenarnya bukan kartu pintar atau kartu tayang nya yang kadaluwarsa melainkan paketnya sudah habis.

Jadi arti E22: Smart card is out of date pada nex parabola adalah paket berlangganan chanel yang muncul pesan tersebut sudah habis. Jika chanel tersebut bukan merupakan chanel berlangganan, kemungkinan ada masalah lain yang menyebabkan pesan tersebut muncul.

Baca Juga  Murah! Ini Harga Paket Piala Presiden 2022 di Nex Parabola | Tidak Berlaku Untuk MNC Vision, K-Vision & Transvision Nusantara HD

Penyebab Munculnya Pesan Eror E22: Smart card is out of date

Ada 4 penyebab munculnya pesan E22: Smart card is out of date ini. Berikut 4 penyebab tersebut:

  1. Receiver belum di aktivasi
    Receiver nex parabola ketika belum di aktivasi, semua chanel milik nex parabola akan muncul pesan ini
  2. Chanel termasuk dalam list chanel berbayar
    Jika chanel tersebut termasuk dalam paket berlangganan dan kita tidak berlangganan, maka pesan ini akan muncul dan chanelnya gelap
  3. Receiver belum mendapat update algoritma sistem
    Jika anda sudah berlangganan chanel premium atau chanel tersebut merupakan chanel ftv tanpa berlangganan tetapi muncul pesan ini, kemungkinan receiver anda belum mendapat update algoritma sistem dari satelit. Silahkan cek apakah chanel yang muncul pesan ini merupakan chanel berbayar atau chanel ftv tanpa berlangganan
  4. Sedang terjadi perbaikan di sistem pusat
    Walaupun hal ini sangatlah jarang terjadi, namun terkadang sistem pusat sedang diperbaiki sehingga muncul pesan ini
Baca Juga  Update! Ini Stasiun TV Pemegang Hak Siar Serie A Liga Italia di Indonesia, Macau, Singapura & Thailand Musim 2021/2022, 2022/2023 & 2023/2024

Mengatasi pesan E22: Smart card is out of date

Cara mengatasinya cukup mudah. Kenali dulu penyebab munculnya pesan E22: Smart card is out of date ini. Jika receiver belum di aktivasi, maka silahkan lakukan aktivasi terlebih dahulu.

Jika chanel termasuk dalam list chanel berbayar maka belilah paket berbayar sesuai kebutuhan jika anda menginginkan chanel tersebut. Jika tidak mau berlangganan, maka chanel tersebut akan tetap gelap. Nikmatilah chanel yang ftv saja (tanpa berlangganan).

Jika receiver belum mendapat update algoritma sistem dari satelit, silahkan nyalakan terus receiver pada posisi salah satu chanelnya nex parabola. Biasanya tidak sampai 1 menit chanel sudah cling. Jika sudah ditunggu beberapa lama belum cling, kemungkinan ada masalah di di update algoritmanya. Silahkan refresh receiver anda.

Baca Juga  Ga Usah Bingung! Ini Cara Connect Vision+ Dengan ID Pelanggan K-Vision di Website dan Web Browser. Banyak Dapat Gratisan

Ada juga satu atau dua kasus dimana chanel nex parabola sudah cling namun pesan E22: Smart card is out of date tetap muncul. Penyebabnya adalah firmware yang digunakan pada receiver belum yang terbaru.

Untuk mengatasinya silahkan upgrade firmware receiver teman-teman dengan firmware versi yang terbaru. Jangan lupa pakailah firmware yang ori.

Setelah software di download, silahkan simpan diflashdisk dan di upgradekan ke receiver.

Demikianlah artikel tentan cara mengatasi pesan kode 22 smart card is out of datepada receiver nex parabola. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan lainnya.